Cara membuat blog

Pastinya sobat yang membaca postingan ini adalah pemula yang ingin membuat blog. Untuk itu saya akan membantu sobat sebisa mungkin. Dulunya saya juga pemula seperti sobat, sekarang juga masih pemula tapi tidak pemula-pemula banget.

Artikel ini didasarkan pada pertanyaan-pertanyaan yang muncul di benak saya waktu saya baru mau membuat blog, bukan dari sudut pandang saya sekarang setelah lumayan lama mengelola blog. Jadi mudah-mudahan bisa benar-benar menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di benak sobat sekarang.

Banyak hal yang tidak saya mengerti waktu baru mau membuat blog. Contohnya maksudnya membeli domain saja saya tidak tahu. Karena disebutnya membeli domain jadi awalnya saya kira setelah dibeli domain itu jadi milik saya selamanya, tapi ternyata tidak begitu.

Membeli domain itu hanya istilah yang terlanjur populer istilah tepatnya adalah menyewa domain, karena domain yang kita bayar tidak menjadi milik kita selamanya dan nantinya harus diperpanjang lagi. Biasanya masa sewa domain sekitar satu tahun.

Untuk nama domain nanti juga akan dibahas lebih lengkap di sini.

Supaya lebih mudah diikuti, tentunya di postingan ini saya akan membantu sobat dalam membuat blog tahap demi tahap. Mulai dari tahap persiapan, tahap pembuatan dan tahap penyelesaian akhir.

Tujuan Membuat Blog

Pertama yang terpenting tentunya tentukan tujuan membuat blog.

Membuat Blog untuk Menghasilkan Uang

Kebanyakan orang memang membuat blog untuk menghasilkan uang dan tidak ada yang salah dengan hal itu.

Membuat Blog untuk Sekedar Hobi

Sebenarnya blog yang paling sempurna dan kesempatan suksesnya paling tinggi adalah yang dibuat atas dasar hobi dan passion lalu nanti jika trafik sudah banyak baru dimonetisasi.

Memilih Niche Blog

Memilih niche/tema blog.

Di luar sana banyak juga blog gado-gado alias blog berniche campuran, tapi sekarang blog dengan satu niche lebih disukai Google. Jadi sebaiknya sobat membuat blog yang memiliki satu niche saja.

Dalam memilih niche sebaiknya yang berhubungan dengan passion sobat.

Tidak Harus Selalu Niche Blogging

Niche Komedi

Niche Menggambar

Niche Olahraga

Niche Teknologi

Blog-blog Indonesia Tersukses dan Nichenya

Memilih Nama Domain

Ekstensi Domain

Penyedia Domain

Memilih Platform Blogging

Memilih Hosting

Penyedia Hosting

Menentukan Bahasa Penyampaian

Siapa Pembaca Blog

Kombinasikan Bahasa Formal dan Bahasan Tidak Formal

Membuat Blog di Blogger.com

Membuat Blog di Wordpress.org

Membuat Blog di Wordpress.org

Postingan Blog

Headings SEO

Gambar

Infografis

Memilih Tema/Template

Kelengkapan Blog

Promosi Blog

Mengenal SEO

Mengenal Kata Kunci

Mengenal Monetisasi Blog

Biasanya blogger yang sudah berhasil membuat blog saja masih bertanya-tanya seputar monetisasi blog apalagi yang beru mau membuat blog.

Pertanyaan yang sering muncul yaitu seperti "Apakah benar blog bisa menghasilkan uang?" "Berapa gaji blogger dalam sebulan?" "Dari mana blogger menghasilkan uang?" dll.

Iklan PPC

Afiliasi

Review Produk

Menjual Produk Sendiri

Tentu saja harus punya produk yang akan dijual.

Dari semua metode monetisasi blog di atas yang paling banyak diakal-akali adalah Adsense yaitu biasanya dengan manipulasi SEO.

Istilah-istilah Dunia Blogging

Kesimpulan

Semua ini baru tahap awal, perjalanan ngblog sobat baru saja dimulai.