Cara Desain Blog Sendiri - Tips dari Pengalaman Saya

Cara desain blog sendiri

Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi tips dari pengalaman saya belajar mendesain blog mulai dari nol. Sampai akhirnya saya bisa membuat template blogspot sendiri.

Awalnya saya tertarik mempelajari cara mendesain blog, karena pilihan template yang tersedia di blogspot/blogger sangat terbatas dan kurang sesuai dengan keinginan saya.

Setelah proses yang cukup panjang, akhirnya saya berhasil membuat tema Blogger yang saya inginkan. Yaitu tema yang sedang saya gunakan di blog ini, namanya Desain Blog Blogger Template.

Seneng banget sih waktu itu, bisa membuat yang namanya sebuah karya.

Dengan mendesain blog sendiri, sobat lebih bisa memilih desain yang paling sobat inginkan. Selain itu juga bisa menghemat biaya.

Bukan Hanya untuk BlogSpot

Meskipun blog yang saya desain memakai platform blogspot, tapi tips desain berikut ini bisa diterapkan di mana saja. Misalnya untuk desain sebuah website atau blog di Wordpress.

Kenapa begitu?

Waktu awal-awal saya nyari tips desain juga bukan yang khusus untuk blogspot. Tips desain untuk blogspot hampir tidak ada, jika ada pun kurang lengkap.

Saya mencarinya dari situs-situs berbahasa Inggris yang kebanyakan memakai website atau platform wordpress. Otomatis tips desain yang dibagikan juga untuk mendesain blog di Wordpress atau untuk mendesain sebuah website.

Kemudian saya pilih-pilih tipsnya, mana saja yang bisa diterapkan di blogspot. Lumayan memakan waktu sih, karena harus mencari dari sumber yang berbeda-beda.

Tapi tenang, tip-tip itu sudah saya rangkum semua di sini. Jadi sobat tidak perlu mencari kesana-kemari seperti yang pernah saya alami.

Pentingnya Desain yang Menarik

Saya yakin para sobat blogger yang sedang membaca artikel ini pasti meyakini bahwa desain yang menarik adalah hal yang sangat penting untuk menunjang kesuksesan sebuah blog.

Blog yang punya konten memadai tapi tidak ditunjang dengan tampilan blog yang menarik tidak akan bisa membuat pengunjung betah.

Kalau ada yang bilang bahwa desain itu tidak terlalu penting, yang penting hanya konten saja, itu tidak benar.

Semua blog-blog sukses di dalam dan luar negeri, mempunyai konten dan desain yang berimbang.

Selain itu, jika blog kita terlihat menarik kita juga jadi lebih semangat untuk membuat konten yang sama menariknya, jadi efeknya bukan cuma untuk pengunjung.

Tantangan Mendesain Blog Sendiri

Saya perlu waktu beberapa bulan untuk mempelajari dasar-dasar mendesain blog. Yang paling berat adalah di awalnya, perlu fokus yang lebih. Saya sempat berhenti total menulis postingan.

Dasar-dasar yang harus saya pelajari, misalnya bahasa pemrograman.

Tadinya saya sedikit kurang bersemangat untuk mempelajari bahasa pemrograman.

Tapi nga ada pilihan lain, untuk bisa mengutak-atik desain sebuah blog, harus mengerti bahasa pemrograman dulu. Jadi saya mempelajarinya.

Setelah mempelajari bahasa pemrograman cukup lama, akhirnya saya pun memulai proses mendesain template blog.

Saya juga sempat vakum sekitar dua bulan dari proses mendesain template blog, karena merasa frustrasi. Tapi akhirnya saya balik lagi. Bagi saya waktu vakum dua bulan itu adalah bagian dari proses.

Sama seperti mengelola sebuah blog, belajar mendesain blog juga perlu komitmen jangka panjang.

Tantangan itu pasti ada nantinya.

Setelah terbiasa seterusnya menjadi lebih mudah. Bisa dipelajari sambil mengerjakan hal lain yang sempat tertunda, seperti menulis konten dan networking.

Walaupun sudah banyak yang saya pelajari, yang belum saya pelajari masih jauh lebih banyak.

Bagi saya bagian mendesain blog adalah hal yang sangat menyenangkan, bisa sampai lupa waktu. Bermain dengan Fonts, Warna, dan Garis.

Berikut tips mendesain blog dari pengalaman saya.

Pahami Struktur Dasar Blog

Saya yakin sobat sudah sangat paham setruktur dasar sebuah blog, tapi jika belum berikut akan dijelaskan.

1. Header

Header pastinya bagian pertama yang dilihat pengunjung ketika baru membuka blog sobat. Di bagian header ada logo dan menu navigasi utama.

Fungsi utamanya tentu saja untuk branding, memperkenalkan identitas blog kepada pengunjung.

2. Konten

Bagian terpenting dari blog sobat. Tentunya berisi artikel blog.

3. Sidebar

Letaknya di samping kiri atau samping kanan blog atau di kedua sisi. Tapi lebih banyak di samping kanan.

Berisi berbagai pernak-pernik blog, ada kolom untuk iklan, untuk meningkatkan page views dll.

4. Footer

Bagian ini letaknya paling bawah di blog sobat, berisi credit link dan copyright, biasanya juga menu navigasi tambahan.

Pahami Bahasa Pemrograman

Seperti yang sudah saya sebutkan, sebelum mendesain blog sobat harus paham dulu bahasa pemrograman terutama sekali HTML dan CSS, untuk JavaScript bisa dipelajari tapi tidak wajib.

Untuk blog di Wordpress sobat perlu mempelajari PHP juga, sementara untuk blog di Blogger/BlogSpot HTML dan CSS saja sudah cukup.

Punya Visi

Desain bisa dibilang masih ada hubungannya dengan seni. Dalam seni lukis misalnya, lukisan yang baik harus memiliki visi awal yang baik supaya nanti hasil akhirnya juga baik, begitu juga dengan desain sebuah blog.

Berikut beberapa visi yang harus ada dalam tampilan blog:

  • Kesan ramah
  • Kesan bersih
  • Kesan profesional

Sebelum memulai proses desain blog, tentukan dulu sobat ingin desain yang seperti apa? Inspirasi bisa datang dari mana saja.

Garis

Meskipun kelihatannya sepele, tapi dalam mendesain sebuah blog garis memiliki peranan yang paling besar.

Oleh karenanya sobat harus belajar melihat garis dari berbagai macam sudut pandang.

Warna

Untuk seorang pelukis, dalam menentukan kombinasi warna yang paling sesuai perlu melakukan eksplorasi sendiri. Sementara untuk keperluan mendesain blog, cukup menggunakan referensi yang sudah ada, supaya lebih hemat waktu.

Sudah banyak situs-situs di luar sana, yang menyediakan berbagai macam kombinasi warna untuk para desainer website/blog.

White Space

White Space artinya ruang putih, tapi tidak harus berwana putih. Tujuan white spce untuk memberi ruang bernafas bagi elemen-elemen yang ada di blog kita.

Pastikan antara setiap elemen di blog sobat ada ruang yang cukup, supaya tidak terkesan penuh sesak atau sempit.

Fonts

Fonts/Tulisan terdiri dari berbagai jenis yaitu serif, sans-serif, display dan cursive.

1. Serif

Font serif lebih memberikan kesan klasik karena memiliki stroke, biasanya digunakan sebagai body text di blog-blog fashion.

2. Sans-Serif

Tidak memiliki stroke, terkesan lebih sederhana dan lebih mudah dibaca.

3. Display

Font yang gayanya tidak mainstream, cenderung berbeda dari font-font yang lain.

4. Cursive

Sesuai namanya cursive artinya latin, ini adalah font yang bergaya latin.

Maksimal 3 Fonts

Gunakan maksimal tiga fonts agar tampilan blog terlihat lebih konsisten.

Google Fonts

Google Fonts sahabatnya para desainer di seluruh dunia, karena gratis dan banyak pilihan berkualitas.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih font di Google Fonts diantaranya Weights, Readability, Kerning dan Letter Spacing.

Jumlah weights atau berat setiap font berbeda-beda ada yang sangat banyak dan ada yang hanya satu. Untuk font yang digunakan sebagai font utama pastikan jumlah weightsnya cukup bervariasi.

Untuk kerning, readability dan letter-spacing tentunya pilih yang proporsinya paling seimbang.

Jangan Pasang Slider

Banyak pemula yang menganggap bahwa slider itu keren, tapi hal itu keliru. Slider membuat blog jadi terkesan terlalu ramai.

Dari Kiri ke Kanan

Kebanyakan blog meletakkan sidebar di sebelah kanan, hal ini supaya konten utama blog mendapat perhatian lebih dari pengunjung, karena pengunjung membaca blog sobat dari kiri ke kanan.

Jadi jika sobat ingin meletakkan sidebar di sebelah kiri sebaiknya dipertimbangkan lagi.

Pastikan Responsive

Di era smartphone sekarang ini mayoritas pengunjung blog datang dari perangkat mobile.

Karena itu pastikan desain blog sobat 100% responsive.

Perlu Kesabaran

Belajar mendesain blog dari nol tentunya perlu waktu yang cukup lama. Saking menyita waktunya, bisa-bisa konten yang harusnya menjadi prioritas utama seorang blogger, jadi terbengkalai.

Jika sobat bisa meluangkan waktu untuk mempelajarinya silakan. Jika tidak ada waktu, tidak ada salahnya menyewa jasa orang lain untuk mendesain blog sobat supaya sobat bisa lebih fokus pada konten.

Kesimpulan

Konten yang menarik dan desain blog yang juga menarik adalah resep untuk membuat pengunjung kembali lagi.

Jadikan pengalaman mengunjungi blog sobat sebagai hal yang sulit dilupakan oleh pengunjung.

Posting Komentar