Cara Membuat Blog di Wordpress.com

Membuat blog di Wordpress.com

Pada postingan kali ini kita akan belajar membuat blog di Wordpress.com. Pasti tahu kan Wordpress.com yang masih saudaranya Wordpress.org?

Sengaja saya tekankan bahwa tutorial ini adalah untuk Wordpress.com bukan Wordpress.org di paragraf pertama, supaya tidak menimbulkan salah persepsi. Karena kadang ada blogger pemula yang mengira bahwa keduanya sama saja.

Dan juga supaya sobat yang sedang mencari tutorial Wordpress.org tidak terlanjur membaca postingan ini karena ketidaktahuan.

Tapi jika sudah tahu dan ingin tetap membacanya boleh banget kok. Siapa tahu bermanfaat buat tambah-tambah ilmu, mungkin saja yang ini beda. Hehe.

Perbedaan Wordpress.com dan Wordpress.org

Wordpress.com sering juga disebut Wordpress Hosted, masudnya untuk urusan hosting diurus oleh pihak Wordpress. Sementara Wordpress.org sering juga disebut Wordpress Self-Hosted karena untuk urusan hosting harus diurus sendiri.

Wordpress.com adalah platform blogging gratis yang memberi penggunanya cukup banyak kemudahan, seperti dari segi back-up, keamanan dan hosting blog. Sehingga sobat bisa fokus pada kualitas konten.

Wordpress.com juga menggunakan software blogging milik Wordpress.org, sehingga dari segi tampilan dashboard ada kemiripan.

Sementara Wordpress.org adalah software blogging open source yang bisa didownload secara gratis dan memiliki banyak kelebihan terutama dari segi fitur.

Namun untuk menjalankannya, hosting, back-up dan keamanan ditanggung sendiri. Cukup merepotkan untuk Blogger pemula yang baru belajar ngeblog.

Sosok Dibalik Wordpress

Sedikit tentang sosok dibalik Wordpress. Wordpress diciptakan oleh Matt Mullenweg pada sekitar tahun 2003.

Sebenarnya pencipta Wordpress bukan hanya Matt saja, tapi dialah yang paling dikenal. Dalam menciptakan Wordpress Matt juga berkerjasama dengan dua programmer lainnya.

Sobat mungkin mengira seseorang yang bisa menciptakan Wordpress sudah belajar menjadi programmer sejak dini.

Tapi faktanya tidak begitu, Matt Mullenweg ternyata backgroundnya adalah seorang seniman bukan programmer. Dia juga mahir bermain saksofon.

Selain itu dia juga adalah seorang mahasiswa drop-out.

Kelebihan Wordpress.com

  • Tampilan yang Memukau: Ketika sobat mendarat di homepage Wordpress.com sobat akan disambut dengan tampilan yang mengundang decak kagum. Seolah Wordpress ingin meyakinkan para calon penggunanya tentang betapa profesionalnya mereka.
  • Server: Wordpress.com harus menghosting begitu banyak blog dari seluruh dunia, jadi tentu saja server yang digunakan harus berkualitas.
  • Keamanan: Bebas dari hackers tidak bertanggungjawab.
  • Back-up: Back-up sudah dilakukan otomatis oleh pihak Wordpress, jadi sobat tidak perlu repot-repot.
  • Pilihan tema banyak: Tersedia puluhan tema gratis.

Kekurangan Wordpress.com

Wordpress.com bisa dibilang agak pelit untuk urusan pengeditan tema, kalau mau ngedit harus bayar dulu. Kalau tidak berarti harus rela tampilan blog itu-itu saja sebatas yang ditentukan tema yang dipilih.

Wah kekurangannya itu aja, berarti bisa dimaklumi banget? Kan gratis. Lagipula pilihan temannya juga cukup banyak.

Tunggu dulu itu baru salah satu kekurangan saja masih ada lagi yang lain, berikut ini kekurangan lengkapnya:

  • Dipasangi iklan tentang Wordpress: Wordpress kadang mengiklankan dirinya sendiri di blog sobat. Semacam tanda terima kasih dari sobat karena sudah dikasih gratisan.
  • Tidak bisa pasang plugin: Plugin Wordpress jumlahnya ribuan, tapi untuk memasang Plugin sobat harus upgrade dulu ke versi premium.
  • Tidak bisa pasang iklan Adsense: Jika tujuan utama sobat membuat blog adalah untuk menghasilkan uang dari Adsense, sobat harus upgrade dulu ke versi premium.

Pokoknya kalau mau fasilitas lebih harus serba upgrade dulu.

Panduan Membuat Blog di Wordpress.com

Di Wordpress.com tersedia versi Gratis, Personal, Premium, Bisnis dan eCommerse.

Blog yang akan kita buat di sini tentunya adalah yang versi gratis.

#1 Pertama kunjungi situs Wordpress.com.

#2 Dari homepage klik Mulai situs web Anda.

#3 Pada halaman selanjutnya isi alamat email, nama pengguna dan password sobat. Lalu klik Buat akun Anda.

#4 Di halaman selanjutnya pilih Blog.

#5 Di halaman selanjutnya masukkan topik blog sobat. Pilih saja Penulisan Blog. Klik Lanjutkan.

#6 Di sini saatnya memilih nama blog. Tulis apa saja semau sobat, kemudian pilih Lanjutkan.

#7 Langkah selanjutnya memilih nama domain. klik Lanjutkan.

#8 Pada langkah terakhir klik Mulai dengan situs kosong.

Selanjutkan sobat akan dibawa ke dashboard Wordpress.

Sampai di sini sobat telah berhasil membuat blog di Wordpress.com.

Kesimpulan

Tutorial ini saya buat untuk memberi masukkan kepada para blogger pemula yang sedang mencari tahu platform blogging mana yang paling cocok untuk mereka, dan berikut kesimpulannya:

Sejujurnya saya tidak melihat keuntungan lebih dari membuat blog Wordpress.com selain untuk mencoba hal baru dan menambah wawasan seputar blogging.

Beberapa kekurangan Wordpress.com memang sangat mengecewakan (benar-benar deal-breakers dan heart-breakers), seperti sulitnya mengikuti program periklanan Google Adsense. Bukan cuma Google Adsense, sobat juga tidak bisa memonetisasi blog gratisan di Wordpress.com dengan cara lain, misalnya Afiliasi. Punya blog sebagus apapun di Wordpress.com akan sulit dimonetisasi, lebih baik membuat blog untuk coba-coba saja nga usah yang bagus-bagus.

Walaupun Wordpress juga punya program periklanan sendiri yaitu WordAds tapi untuk mengikutinya juga tetap harus upgrade dulu.

Saya juga kurang tertarik untuk upgrade ke Wordpress.com premium, apalagi kebanyakan blog wordpress di luar sana menggunakan mesin Wordpress.org.

Blogger.com dan Wordpress.org adalah pilihan yang jauh lebih baik dalam jangka panjang.

Kenapa Blogger.com?

Blogger.com ini benar-benar gratis, dan banyak kebebasannya seperti bebas menginstal template dari pihak ketiga, template bisa diedit sepuasnya, dimudahkan mendaftar Google Adsense, bebas monetisasi blog dengan cara yang lain dll.

Untuk kelebihan dan kekurangan lengkapnya, serta cara membuat blog di Blogger bisa membaca tutorial berikut ini:

Cara Membuat Blog di Blogger Super Lengkap

Kenapa Wordpress.org?

Jika sobat mencari di Google, untuk "tutorial wordpress" yang akan keluar kebanyakan adalah tutorial Wordpress.org, tutorial Wordpress.com sangat sedikit jumlahnya. Jadi jika sobat menggunakan Wordpress.org kalau ada masalah akan lebih mudah dicari solusinya.

Untuk panduan menginstal Wordpress.org akan segera saya buatkan.

Mudah-mudahan beberapa kesimpulan di atas tidak menurunkan motivasi sobat untuk membuat blog di Wordpress.com.

Berikut saya berikan satu alasan kenapa platform blogging yang penuh batasan ini wajib untuk dicoba.

Wordpress.com wajib dicoba kalau...??? Sobat adalah seorang blogger pemula yang berniat membuat blog dengan niche blogging, jika demikian maka mencoba Wordpress.com akan semakin memperluas wawasan blogging sobat.

Jadi kalau misalnya nanti ada yang nanya:

Mas/Mba Wordpress.com itu recomended nga?
Kalau iya kenapa?
Kalau nga juga kenapa?

Sobat sudah tahu jawabannya.

Akhir kata saya ucapakan selamat mencoba Wordpress.com, untuk sobat blogger yang berniat membuat blog dengan tema blogging. Dan untuk sobat yang mencobanya karena sedang punya waktu luang dan nga tahu mau ngapain.

Posting Komentar