Cara membuat blog di Blogger

Tertarik untuk membuat blog di Blogger.com tapi bingung mulai dari mana? Tenang Desain Blog telah merangkum panduan lengkapnya dari A sampai Z, dari nol sampai sepuluh, dan dari awal sampai akhir. Lengkap.

Gmail, Google Drive, Google Maps dan Blogger/BlogSpot adalah beberapa dari sekian banyak produk Google yang banyak sekali penggunanya. Salah satu alasan kenapa produk-produk Google tersebut laris manis adalah karena bisa diakses gratis oleh siapapun.

Tidak perlu membayar untuk bisa mengakses berbagai produk berkualitas tersebut. Cukup dengan menggunakan akun email Gmail saja.

Satu akun Gmail sudah cukup untuk mengakses seluruh produk Google, termasuk produk Google yang akan kita bahas berikut ini yaitu Blogger.com.

Blogger/BlogSpot adalah sebuah platform blogging yang dibeli Google pada tahun 2003. Sekarang Blogger/BlogSpot sudah menjadi platform blogging yang sangat mendunia.

Jika dihitung sudah lama sekali platform blogging satu ini eksis dalam menunjang kebutuhan para Blogger di seluruh dunia.

Sebelum ke tutorial membuat blognya, yuk sedikit lebih mendalami Blogger.com. Dengan membaca tentang fakta-fakta menariknya, kelebihan serta kekurangannya berikut ini:

Fakta-fakta Menarik Blogger.com

  • Blogger.com sering juga disebut Blogger, BlogSpot atau Google Blogger. Kadang-kadang ada juga orang Indonesia yang menyebutnya "blogcepot" lho. Menurut sobat sebutan mana yang paling cocok untuk Blogger.com?
  • Bukan platform blogging pertama di dunia. Tapi bisa dibilang platform blogging pertama di dunia dengan konsep evergreen, buktinya sampai sekarang masih tetap eksis.
  • Jika sobat membuat blog di Blogger.com, nama domainnya akan diberi ekstensi blogspot.com. Sobat bisa menghilangkannya dengan membeli domain TLD.
  • Diakuisisi oleh Google dari Pyra Labs pada tahun 2003.
  • Dulunya adalah platform blogging berbayar, namun menjadi gratis setelah diakuisisi oleh Google.
  • Kebanyakan Blogger Indonesia lebih memilih Blogger.com daripada platform blogging yang lain.
  • Bisa digunakan untuk membuat blog hobi atau blog untuk menghasilkan uang.
  • Banyak Blogger sukses Indonesia yang memulai karir ngeblognya dengan menggunakan Blogger.com. Sekarang ada yang masih setia dengan Blogger.com, ada juga yang sudah pindah ke platform blogging lain, dengan berbagai alasan tentunya.
  • Mulai banyak dikenal di Indonesia pada tahun 2009.
  • Dengan satu akun Gmail, sobat bisa membuat hingga seratus blog di Blogger.

Kelebihan dari Blogger/BlogSpot

  1. Gratis Tapi Tidak Murahan: Dengan menggunakan Blogger.com sobat sudah bisa mendapatkan hosting dan SSL berkualitas, gratis.
  2. Mudah: Tidak diharuskan menguasai HTML dan CSS untuk bisa membuat blog di Blogger.com, sangat cocok untuk Blogger pemula.
  3. Terpercaya: Dalam membuat blog sobat pasti ingin agar data-data pribadi sobat aman. Blogger ini dimiliki oleh Google yang punya reputasi sangat baik.
  4. Banyak Penggunanya: Digunakkan oleh Blogger dari seluruh dunia pastinya.
  5. Fitur Memadai: Fitur-fitur yang desediakan cukup untuk membuat blog yang lumayan menarik.
  6. Masih Saudaranya Adsense: Nah, ini yang terpenting buat para Blogger yang tertarik menghasilkan uang dari blog. Dengan menggunakkan Blogger.com, sobat bisa langsung mendaftar layanan iklan Adsense dari dashboard Blogger.

Dari beberapa kelebihan di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa Blogger.com atau Blogger atau BlogSpot adalah platform blogging paling ramah pemula.

Kekurangan dari Blogger/BlogSpot

Di dunia ini memang tidak ada yang sempurna, termasuk juga platform blogging. Platform blogging yang berbayar saja ada kekurangannya, apalagi yang gratisan seperti Blogger.com. Berikut ini beberapa kekurangannya:

  1. Pilihan Tema Terbatas: Tema bawaan Blogger cenderung terbatas, jika ingin bisa lebih leluasa memilih bisa mencoba tema custom buatan pihak ketiga yang jumlahnya melimpah.
  2. Tampilan Cenderung Sederhana: Jika dibandingkan dengan platform blogging lain dalam hal tampilan situs, Blogger.com memang masih sedikit tertinggal.
  3. Untuk kekurangan selanjutnya silakan cari sendiri, kalau terlalu banyak nanti malah sobat tidak jadi mengikuti tutorial ini.

Menurut saya pribadi sebagai platform blogging gratisan, Blogger.com ini tergolong tidak kurang-kurang banget. Bagaimana kalau menurut sobat?

Jika sobat sudah yakin untuk membuat blog di Blogger.com dan bisa memaklumi beberapa kekurangannya, berikut ini tutorialnya.

Langkah-langkah Membuat Blog di Blogger

#1 Pastikan sobat sudah memiliki akun email gmail, karena untuk mendaftar Blogger diwajibkan menggunakan gmail.

#2 Login ke Blogger atau tulis blogger.com di kolom pencarian. Jika sobat sudah mendarat di situsnya Blogger pilih Create New Blog, lalu masukkan alamat email serta password gmailnya. Kemudian pilih Next.

#3 Setelah mengisi alamat email dan password sobat akan di antar ke halaman selanjutnya untuk memilih Nama Tampilan/Display Name.

Gunakan saja nama asli. Dengan menggunakan nama asli harapannya sobat bisa membuat konten yang lebih berkualitas dan bertanggungjawab.

Ini karena sekedar tutorial jadi saya pakai nama blog. Tapi di blog asli saya, saya juga pakai nama asli.

#4 Selanjutnya akan muncul halaman dengan gambar mesin ketik berwarna orange. Di sinilah saatnya sobat mulai membuat blog.

#5 Pada halaman selanjutnya, isi nama blog yang sobat inginkan dan pilih juga nama domain. Berikut sedikit tips sebelum memilih nama domain:

  • Singkat.
  • Mudah ditulis dan diucapkan.
  • Mudah diingat.

#6 Pada kolom pilihan template pilih Simple/Sederhana atau yang lain juga boleh. Jika tidak suka nanti bisa diganti. Setelah itu pilih Buat Blog.

#7 Akan muncul tulisan cari nama domain custom, pilih saja Lain Kali. Domain yang dijual Google cenderung mahal walaupun berkualitas, kurang cocok untuk pemula dan blog yang masih baru.

#8 Sampai di sini sobat sudah resmi memiliki blog di Blogger.com.

Sobat bisa melihat tampilan blog dengan mengklik tulisan Lihat Blog yang terletak tepat di atas menu Postingan.

Gimana nih blog barunya? Sudah dicek? Apakah tampilannya sudah sekeren blog-blog di luar sana?

Pastinya belum seperti blog-blog keren di luar sana dong, untuk bisa seperti itu perlu proses yang lumayan.

Dan proses itu bisa dimulai dengan mengikuti panduan ini sampai selesai.

Membuat Postingan Pertama di Blogger

Setelah berhasil membuat Blog, halaman selanjutnya yang akan terbuka otomatis adalah halaman Posting.

#1 Untuk membuat postingan, dari halaman Posting, pilih Postingan Baru, maka Editor Posting Blogger akan terbuka.

#2 Bagian-bagian Editor Posting Blogger.

  1. Judul Postingan: Di sini sobat bisa menuliskan judul dari postingan sobat.
  2. Toolbar: Seperti di Microsoft Word, di sini sobat bisa memformat teks postingan.
  3. Menu Kanan Atas: Di sini sobat bisa mempublish postingan, melakukan preview, menyimpan dan menutup.
  4. Panel Setelan: Di panel setelan, sobat bisa memberikan label, mengatur tautan permanen bahkan meengatur jadwal penerbitan postingan.
  5. Text Area: Di sini sobat bisa menuliskan konten utama dari postingan seperti heading, paragraf, list dan juga meyisipkan gambar.

#3 Langkah pertama dalam membuat posting adalah membuat judul, jika di Microsoft Word sobat tinggal tulis saja judul lengkapnya. Selesai.

Tapi di Blogger berbeda. Ada yang namanya permalink/tautan permanen yang diambil secara otomatis dari judul posting. Permalink ini perlu diperhatikan ketika sobat membuat judul posting, jika tidak bisa menimbulkan masalah di kemudian hari.

Permalink yang sudah terlanjur dipublish sebenarnya masih bisa diganti yaitu dengan mengembalikan postingan ke dalam draft.

Tapi hal ini justru akan menyebabkan masalah baru yaitu terciptanya halaman Error 404, yang harus sebisa mungkin dihindari. Membuat permalink yang baik sejak awal adalah solusi terbaik.

Oleh karena itu buatlah judul posting blog dan permalinknya dengan langkah-langkah yang benar sejak awal. Supaya sobat tidak perlu kerja dua kali untuk sesuatu yang bisa dilakukan satu kali.

#4 Mebuat permalink postingan blog.

  • Maksimal 70 Karakter: 70 karakter termasuk alamat blog, tahun dan bulan. Jika lebih dari 70 karakter maka akan terpotong otomatis.
  • Tanpa Kata Penghubung/Stop Words: Kata Penghubung/Stop Words misalnya dan, atau, lalu dll. Jangan gunakan kata-kata seperti yang disebutkan atau kata-kata yang sejenis pada permalink.

Setelah permalink ditulis klik Publikasikan/Publish. Setelah itu baru sobat buka kembali postingan tadi, tulis judul lengkapnya.

#5 Pada kolom Text Area, sobat bisa memilih antara mode Compose dan mode HTML. Mode Compose kurang lebih seperti menulis di Microsoft Word, cocok untuk Blogger pemula yang masih kurang paham HTML.

Sementara mode HTML kurang lebih seperti menulis di HTML Text Editor contohnya seperti Notepad++, dengan menggunakan tags HTML lengkap.

Jika sobat belum mengusai HTML kedepannya mungkin bisa mempelajarinya jika ada waktu luang, karena kemampuan HTML memang cukup menguntungkan untuk seorang Blogger. Terutama jika sobat berniat menjadi blogger sukses.

Salah satu situs belajar HTML yang paling direkomendasikan para blogger adalah w3schools.com.

Saya pribadi lebih suka mode HTML, karena menurut saya lebih fleksibel.

Tapi jika tidak ada waktu untuk mempelajarinya, tuntunya pakai mode Compose saja sudah cukup dan tidak ada yang melarang.

#6 Setelah memilih mode mana yang akan digunakan silahkan tulis paragraf pertama, kedua dan selanjutnya. Dan jangan lupa Headingnya.

#7 Cara memasukkan gambar ke dalam postingan blog.

Dari Toolbar klik yang ada logo gambarnya, maka kolom untuk menyisipkan gambar akan terbuka. Pilih Pilih File, lalu pilih gambar yang ingin di-upload dari komputer sobat.

Setelah proses upload selesai, klik gambarnya lalu pilih Add Selected. Akan muncul kotak dialog berikutnya, pilih saja Center dan Original Size.

#8 Setelah kontennya selesai semua, saatnya sobat menambahkan Label. Label ini berfungsi untuk mengelompokkan setiap postingan dengan postingan-postingan sejenis. Serta sebagai informasi tambahan untuk memberitahu pembaca tentang hal apa sebuah postingan itu.

Label pada sebuah postingan boleh lebih dari satu. Tapi setiap satu label itu harus singkat maksimal dua kata saja. Label juga harus mengandung garis besar dari sebuah postingan.

Catatan: Pisahkan label dengan koma jika lebih dari satu, dan tanpa spasi.

#9 Langkah terakhir adalah membuat Deskripsi Penelusuran. Deskripsi penelusuran ini cukup penting, karena akan muncul sebagai ringkasan-posting/snippet di hasil pencarian search engine (SERP).

Untuk itu tulislah deskripsi penelusuran yang menggambarkan sebuah postingan secara keseluruhan dan mengandung Call to Action (kata-kata rayuan yang mengundang klik).

Untuk deskripsi penelusuran juga panjangnya dibatasi sekitar 160 karakter.

Dalam beberapa kasus menu deskripsi penelusuran biasanya tidak ada di panel setelan, hal ini karena belum diaktifkan.

Untuk mengaktifkannya sangat mudah. Dari menu di dashboard Blogger klik Setelan, kemudian pilih Preferensi penelusuran kemudian pada bagian Deskripsi klik Edit selanjutnya pilih Ya.

Pada kolom yang muncul tuliskan deskripsi singkat seperti hal-hal apa saja yang dibahas di blog sobat. Bagi sobat yang belum jelas ini adalah deskripsi blog, bukan deskripsi penelusuran untuk postingan. Deskripsi penelusuran untuk postingan akan muncul setelah proses ini selesai. Setelah selesai klik Simpan perubahan.

Buka kembali postingan sobat tadi, lalu klik Setelan. Bisa dilihat menu deskripsi penelusuran sudah muncul, isikan deskripsi singkat untuk postingan sobat.

#10 Judul sudah, heading sudah, paragraf, gambar, label dan deskripsi penelusuran juga sudah. Klik Publikasikan.

Setelah membuat postingan pertama, silakan dilihat hasilnya seperti apa.

Halaman-halaman Blog Blogger

Sobat pasti sudah sering berkunjung ke sebuah blog, tapi apa sobat tahu nama dari halaman-halaman yang ada? Sebagai Blogger minimal kita harus tahu hal ini. Berikut penjelasannya:

  • Halaman Index: Adalah halaman paling depan blog disebut juga homepage/beranda.
  • Halaman Item: Halaman postingan blog.
  • Halaman Statis: Halaman ini biasanya berisi alat-alat kelengkapan blog seperti About Us, Contact Us dan Sitemap.

Bagian-bagian Blogger Paling Sering Digunakan

Yuk! mengenal lebih jauh rumah baru sobat.

  • Dashboard: Dashboard itu seperti ruang kendali bagi rumah sobat di Blogger.
  • Editor Posting: Disinilah tempat sobat mempersiapkan, mengedit dan mempublish postingan blog.
  • Edit HTML: Dari dashboard, pilih Tema, lalu pilih Edit HTML. Disini sobat akan menemukan kode-kode yang ada pada template Blogger yang jumlahnya ribuan. Jika sobat baru pertama kali melihat kode-kode itu mungkin sobat bingung apa makna dari kode-kode itu.

Bagian-bagian Tema/Template Blogger

Suatu ketika pasti sobat akan perlu melakukan Edit HTML pada template Blogger.

Yuk, kenali dari sekarang biar sobat tidak terlalu pusing melihat kode yang jumlahnya ribuan.

  • HTML: Format utama yang membangun sebuah blog.
  • Head: Di sini terletak beberapa file seperti Meta Tags, CSS dan beberapa JavaScript.
  • Meta Tags: Meta Tags adalah informasi tentang sebuah blog/situs yang ditujukan untuk robot mesin pencari.
  • CSS: File yang digunakan untuk mengatur tampilan blog.
  • Body: Tag Body menandai awal dan akhir konten sebuah blog yang ditujukan untuk pengunjung blog.
  • Header: Di sini terdapat Logo blog dan menu navigasi utama.
  • Main: Di sini ditempatkan konten utama blog seperti postingan.
  • Sidebar: Tempatnya berbagai widget utama blog.
  • Footer: Biasanya di sini terletak Credit Link dan menu navigasi tambahan.

Tema Bawaan Blogger

Tema atau Template Blogger yang disediakan secara resmi oleh Blogger sering juga disebut Tema Bawaan.

Sementara untuk tema Blogger yang dibuat oleh pihak ketiga sering juga disebut Tema Custom.

Blogger menyediakan pilihan tema bawaan yang bisa dibilang sangat terbatas.

Di postingan ini kita menghindari membanding-bandingkan Blogger dengan platform blogging lain misalnya Wordpress.com, karena ini memang bukan artikel perbandingan.

Tapi sebagai gambaran saja betapa sedikitnya tema yang disediakan oleh Blogger mari sedikit kita bandingkan dengan Wordpress.com. Di Wordpress.com untuk urusan tema bawaan disediakan hingga ratusan pilihan.

Tema Blogger Keluaran Lama: Simple, Awesome Inc., Travel, Watermark dll. Walaupun sudah lama sekali, tema-tema ini masih lumayan banyak digunakan sampai sekarang.

Tema-tema ini belum responsive serta fitur-fiturnya masih sangat terbatas, misalnya belum tersedia fitur "Read More" otomatis.

Tema Blogger Keluaran Baru 2015: Emporio, Soho, Contempo dan Notable. Tema Blogger keluaran baru ini memiliki karakter yang sedikit berbeda dari pendahulunya.

Bisa dibilang tema-tema keluaran 2015 ini lebih "kewordpress-wordpressan". Salah satunya dengan menu navigasi yang bisa muncul dari samping (slide menu), dan tampilan yang terkesan lebih bening.

Apa Selanjutnya?

Setelah membaca dan mengikuti cara membuat blog di Blogger super lengkap sampai akhir, agar blog baru sobat semakin cepat berkembang kira-kira apa selanjutnya?

Untuk selanjutnya saya telah membuat dua postingan baru khusus untuk mendukung postingan ini.

Postingan pendukung yang pertama membahas secara lengkap menu-menu dan fitur-fitur Blogger.com. Seperti yang bisa sobat lihat sendiri menu-menu dan fitur-fitur Blogger lumayan banyak, untuk pemula pasti masih sedikit membingungkan, untuk itulah saya membuat postingan ini.

Sementara postingan pendukung yang kedua adalah panduan untuk melakukan Edit HTML di Blogger. Saya merasa perlu membuat panduan ini karena banyak blogger yang baru menggunakan Blogger.com merasa kebingungan ketika melakukan Edit HTML. Jadi mudah-mudahan panduan ini bisa membantu.

Berikut kedua postingan pendukung tersebut:

Dashboard Blogger - Panduan Lengkap Menu dan Fitur Blogger

Mengenal Edit HTML Blogger dan Panduan Lengkapnya

Sampai di sini mudah-mudahan sobat sudah memiliki blog yang lumayan lengkap.

Terima kasih karena sobat sudah meluangkan waktu membaca postingan Desain Blog tentang cara membuat blog di BlogSpot ini, yang tentunya masih jauh dari kata sempurna.

Mudah-mudahan apa yang sudah sobat pelajari bermanfaat dan bisa menjadi bekal sobat dalam blogging kedepannya.

Jika sobat tertarik melakukan perbandingan, untuk melihat apakah Blogger adalah platform blogging yang terbaik untuk sobat atau ada yang lebih baik.

Sobat bisa mencoba membuat blog di platform blogging saingannya Blogger.com yaitu Wordpress.com. Untuk hal itu panduannya juga sudah saya buatkan:

Cara Membuat Blog di Wordpress.com

Akhir kata saya ucapkan selamat untuk blog barunya, dan semoga ngeblognya sukses.